Wajib Tahu dari SehatQ.com! Gejala Baru Covid 19 dan Cara Penanganan Cepatnya


Sejak Desember 2019 silam, dunia digemparkan oleh munculnya virus Covid 19 yang berasal dari Wuhan, China. Bahkan sampai saat ini sudah menyerang semua negara di dunia, dengan total 77 juta penderita. Terbaru, ada beberapa gejala yang juga dirasakan penderita sehingga menyebabkan penyebarannya masih belum bisa dihentikan.

Gejala Covid 19 Terbaru

Penyakit ini memang termasuk penyakit baru yang terus diteliti oleh ahli kesehatan, dari berbagai negara. Alhasil beberapa waktu lalu diinformasikan sejumlah gejala yang dirasakan penderita sejak awal terserang virus mematikan tersebut.

  • Gejala Umum

Beberapa gejala umum masih ditemukan pada pasien, tapi memang perlu serangkaian test sebelum dinyatakan benar-benar positif mengidap virus. Apa saja gejalanya?

1. Demam

Seperti demam pada umumnya, penderita akan mengalami suhu tubuh yang naik drastis hingga mencapai 39 derajat celsius ke atas. 

2. Kelelahan

Pasien akan cepat kelelahan ketika sedang beraktivitas, beda dengan kondisinya di saat normal sebelum terserang virus.

3. Batuk Kering

Mengalami batuk kering yang pada banyak kasus disertai sesak nafas, akibat mengejan batuk.

4. Meriang dan Menggigil

Meriang dan menggigil ini biasanya lanjutan dari demam yang diderita pasien, tapi ada juga yang bergejala meriang tanpa didahului demam.

5. Tenggorokan Terasa Sakit

Virus yang sudah masuk ke dalam tubuh, akan menyerang bagian tenggorokan, sehingga menyebabkan rasa sakit menelan dan saat berbicara.

6. Otot Mengalami Nyeri Tak Biasa

Nyeri ini sering dianggap akibat terlalu lelah bekerja, tapi sebenarnya merupakan dampak dari masuknya virus ke dalam tubuh.

7. Anosmia Atau Kehilangan Kemampuan Indera Pengecap dan Pencium

Gejala yang satu ini paling banyak dibarengi dengan demam tinggi, dimana pasien tidak bisa mencium bau-bauan dan mengecap rasa pada lidahnya.

8. Diare

Sebelumnya gejala ini masuk pada kondisi khusus, namun sejak beberapa bulan yang lalu, sudah semakin banyak penderita Covid 19 yang mengeluhkan hal ini.

9. Ruam Kulit

Ditemukan kondisi dimana penderita mengalami bintik kemerahan pada kulit, bahkan ada yang sampai mengalami perubahan warna kulit menjadi kehitaman.

  • Gejala Khusus

Gejala berikut ini dialami hanya pada kasus tertentu saja, diantaranya adalah mual hingga muntah yang kemudian membuat tubuh menjadi lemas.

  • Gejala Parah

Temuan ahli baru-baru in menyebutkan ada gejala baru pada pasien yang sudah positif Covid 19 pembekuan darah yang terjadi secara tidak normal. Ini ditemukan ketika dilakukan otopsi pada pasien meninggal dunia, dimana beberapa organnya mengalami disfungsi akibat pembekuan darah.

Selanjutnya, ada juga yang mengalami bingung parah sebagai dampak kelelahan akut yang dialami pasien. Ada juga yang mengalami dehidrasi dan masalah pencernaan yang sebelumnya tidak pernah dikeluhkan.

Bagaimana Penanganan Cepatnya?

Penanganan cepat bisa dilakukan oleh orang bergejala, karena gejala yang dialami mungkin saja dari penyakit lain yang bisa dilihat pada direktori penyakit situs SehatQ.com, tapi ternyata di dalam tubuhnya sudah terdapat virus tersebut.

  • Ketika Anda mengalami beberapa gejala di atas, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit rujukan terdekat.
  • Langsung lakukan isolasi mandiri di rumah, ketika gejala masih ringan. Jangan lupa untuk beristirahat total dan banyak minum air putih. Pastikan juga untuk mengkonsumsi obat sesuai gejala yang dirasakan. Untuk meredakan demam bisa menggunakan paracetamol, atau ibuprofen.
  • Orang bergejala sebaiknya juga selalu memakai masker, menjaga jarak dari orang lain, dan menjaga kebersihan diri sendiri. 

Untuk informasi lebih lengkap tentang covid 19, Anda bisa langsung cek di SehatQ.com. Jangan abaikan gejala sekecil apapun, karena Anda bisa saja merasa sehat tapi kemungkinan menyebarkan kepada orang lain sangat besar! Jadi, sayangi diri sendiri dan orang sekitar Anda dengan penanganan cepat dan menjaga diri semaksimal mungkin.


Belum ada Komentar untuk " Wajib Tahu dari SehatQ.com! Gejala Baru Covid 19 dan Cara Penanganan Cepatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel