Jangan Langsung ke Dokter, Lakukan Ini Agar Sariawan Cepat Sembuh


Penyebab utama sariawan adalah jamur Candida albicans yang tumbuh besar di mulut dan tenggorokan. Lokasi munculnya sariawan di dalam mulut antara lain dasar gusi, bawah lidah, atau sisi-sisi rongga mulut. Meski tidak berbahaya, sariawan menimbulkan rasa tidak nyaman terutama ketika makan, minum, dan berbicara.

Sariawan bukan penyakit yang berbahaya dan menular sehingga Anda tidak perlu bergegas ke dokter. Lakukan beberapa hal berikut ini agar sariawan cepat sembuh.

1. Konsumsi Yogurt

Yoghurt memiliki kandungan bakteri baik seperti Lactobacillus yang mampu menyebar ke seluruh tubuh melewati usus. Bakteri-bakteri baik ini menyehatkan saluran pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, yogurt tanpa gula mampu mengobati sariawan. 
Cobalah makan yogurt tanpa gula beberapa kali sehari ketika ada gejala sariawan akan muncul. 


2. Minum Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang memiliki zat antiinflamasi sehingga mampu mengobati peradangan dan sariawan. Minumlah campuran kunyit dengan sedikit lada hitam dan susu untuk mengobati sariawan. 

3. Oleskan Minyak Cengkih

Minyak cengkih digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit pada mulut sejak dahulu kala. Hingga kini, ada dokter gigi juga masih menggunakannya sebagai antiseptik dan pereda nyeri. Kunyit mengandung eugenol yang sama efektifnya dengan obat antistungi nistatin (Mycostatin) untuk menyembuhkan sariawan.

Oleskan minyak cengkih yang telah dituang ke kapas dan tempelkan di sariawan. Cara lainnya adalah berkumur dengan larutan yang berisi 1 sendok teh cengkih utuh. Jangan gunakan terlalu banyak atau lama karena cengkih bisa menyebabkan reaksi alergi atau efek mati rasa bagi beberapa orang.

4. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mendorong produksi sel darah putih. Tubuh akan mampu melawan berbagai macam infeksi.

Konsumsi vitamin C yang cukup secara alami dari buah-buahan atau vitamin isap juga membantu sel-sel tubuh bekerja lebih efektif. Vitamin ini juga melindungi tubuh dari molekul berbahaya. Dengan demikian, sistem kekebalan menjadi prima dan sariawan cepat hilang.

5. Konsumsi Obat Sariawan

Obat sariawan yang efektif dan cepat menyembuhkan sariawan adalah Aloclair Plus. Perpaduan komposisi alami, yaitu lidah buaya (aloevera) dan beberapa bahan kimia seperti sodium hylunorate mampu menyembuhkan luka (sariawan) di rongga mulut atau bibir. 
Ada tiga varian produk yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan, yaitu Aloclair Plus spray, Obat Kumur Aloclair Plus, dan Aloclair Plus Gel. Faktanya, dokter sering menyarankan penggunaan Aloclair karena komposisinya aman. Cairan spray atau kumur yang tidak sengaja tertelan dinilai masih aman. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sariawan tanpa harus ke dokter. Setelah berhasil menghilangkannya, Anda harus menjaga kebersihan mulut agar tidak terkena sariawan lagi. 

Belum ada Komentar untuk "Jangan Langsung ke Dokter, Lakukan Ini Agar Sariawan Cepat Sembuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel